Bawaslu Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengadakan Rapat Kerja Teknis

PALI , Sumsel – Di tengah persiapan intensif untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengadakan Rapat Kerja Teknis (RAKERNIS) pada Kamis, 4 Juli 2024. Acara ini bertujuan untuk mematangkan strategi pengawasan pada tahapan pemutakhiran dan penyusunan Daftar Pemilih.

Rapat yang digelar di sebuah kafe di Kecamatan Talang Ubi ini pimpin langsung oleh Ketua Bawaslu PALI, Lestrianti, AM, Kep didampingi oleh Anggota Bawaslu PALI lainnya seperti Fikri Ardiansyah, SH, C.Med, Fardinand Marcos, S.Kom serta Koordinator Sekretariat Bawaslu PALI, Adi Kurniawan, S.Ap MSi, Para anggota Panwascam juga turut hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu PALI, menekankan pentingnya pengawasan aktif oleh masing-masing divisi Panwascam saat proses pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Maksimalkan pada divisi masing-masing agar setiap hak warga dapat dilindungi dan tidak ada warga yang berhak memilih terlewatkan oleh Pantarlih,” ujarnya.

Fikri Ardiansyah juga menambahkan bahwa seluruh anggota Panwascam harus menginstruksikan Petugas Pengawas Lapangan (PKD) untuk mengawasi kinerja Pantarlih agar pencocokan data pemilih dilakukan dengan prinsip akurat, mutakhir, dan komprehensif.

“PKD harus bekerja di lapangan untuk mendeteksi dan meminimalisir kesalahan yang dilakukan Pantarlih, sehingga semua hak pilih warga dapat tersalurkan dengan baik,” tambahnya.

Selain itu, Fikri menekankan pentingnya disiplin waktu dalam menjalankan tugas pengawasan di lapangan maupun saat menghadiri rapat koordinasi. “Disiplin sangat menentukan kinerja kita dalam pengawasan tahapan-tahapan pilkada nantinya,” tegasnya.

Fardinand Marcos juga menekankan pentingnya tertib dalam pelaporan data saat pengawasan Coklit. “Pelaporan data yang tepat waktu sangat penting untuk melindungi hak pilih warga. Setiap permintaan pimpinan harus segera dilaksanakan karena sangat dibutuhkan,” tutupnya.

Baca Juga :  Ir Hj Lucianty SE gencar melakukan Pendekatan dengan Partai politik "13 Kursi Telah di kantongi Maju di Pilkada Muba November mendatang

Rapat kerja teknis yang bertujuan untuk mematangkan strategi pengawasan pada tahapan pemutakhiran dan penyusunan Daftar Pemilih oleh Bawaslu Kabupaten PALI berjalan lancar dan hikmat hingga usai. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *