Ajang Evaluasi dan Persamaan Persepsi Dukung Pemilu Serentak Tahun 2024

PALEMBANG, – Pj Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Drs H Apriyadi Mahmud MSi menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukcapil) Tahun 2023, di Hotel Novotel Palembang, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan yang digelar Ditjen Dukcapil Kemendagri kali ini mengusung tema “Penguatan Dukcapil untuk Pelayanan Publik dan Suksesnya Pemilu Serentak 2024”, di Novotel Hotel & Residence, Kota Palembang, 24-26 Oktober 2023

Rakornas yang dibuka secara resmi oleh Mendagri Tito Karnavian, menjadi ajang konsolidasi dan koordinasi terbesar bagi sekitar 2.000 peserta dari dinas Dukcapil provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Pj Bupati Muba mengatakan Rakornas ini bertujuan untuk menguatkan komitmen dan menyamakan persepsi Dukcapil baik dari tingkat pusat, provinsi bahkan kabupaten kota, guna mendukung peningkatan pelayanan publik serta mendukung suksesnya Pemilu serentak tahun 2024.

“Kedua untuk mendorong integrasi dan digitalisasi data kependudukan dengan layanan publik lainnya, serta untuk meningkatkan layanan admistrasi kependudukan seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara Mendagri Tito Karnavian dalam arahannya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak panitia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang telah mendukung penyelenggaraan acara tersebut.

Menurutnya acara Rakornas tersebut sangat bagus dalam rangka melakukan evaluasi pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

“Dukcapil ini memang sangat vital dan kritikal untuk semua bangsa termasuk bangsa Indonesia, karena menyangkut masalah kependudukan. Negara kita tidak gampang mengelola kependudukannya. Karena Negara demokrasi yang berkembang dengan penduduk nomor empat terbesar di dunia” ujar Mendagri.

Dengan banyaknya banyak tantangan tersebut ia merasa bangga dengan Dukcapil seluruh Indonesia. Karena data dukcapil adalah satu-satunya data yang akurat, dan dimanfaatkan seluruh pengguna baik pemerintah maupun swasta.

Selain itu Mendagri juga mengapresiasi inovasi anjungan Dukcapil Mandiri untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan Dukcapil tanpa harus datang bertatap muka, yang juga akan mengurangi potensi pungutan liar (pungli).

Baca Juga :  Jajaran Polres Musi Banyuasin amankan 1200 Gram Narkoba

“Bahkan sekarang ada E-KTP yang betul-betul membantu masyarakat, bisa memperpanjang KTP dimana saja tanpa harus pulang ke daerahnya. Inilah manfaat Dukcapil, dan saya memberikan apresiasi kepada Dukcapil baik dari pusat maupun daerah. Saya minta ini dipertahankan dan diperbaiki terus,” tutupnya.

Setelah membuka acara yang ditandai dengan penyalaan obor, Tito Karnavian didampingi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, dan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Teguh Setiabudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *